iklan

close

Rabu, 04 Januari 2012

TEAM WORK

Sosialisasi adalah kebutuhan dasar manusia. Tanpa disadari, kita membutuhkannya lebih dari pangan maupun papan. Dalam melakukan aktivitas sosialnya, manusia sering mengalami beberapa gesekan yang menimbulkan pertengkaran. Perselisihan yang ditimbulkan dapat terjadi dimana saja, dalam hubungan kita dengan keluarga, hubungan kita dengan teman main atau pun hubungan kita dengan rekan kerja di kantor. Dalam dunia kerja, kita tentu memiliki sebuah tim yang terdiri dari berbagai macam watak dan pemikiran. Dari tiap individu yang termasuk dalam tim itu pasti memiliki opini yang berbeda-beda. Sering terjadi gesekan akibat perbedaan opini itu yang membuat teamwork tidak berjalan dengan baik, bahkan bisa berdampak ke hal yang lebih personal. Untuk mengatasi hal ini, kita perlu menerapkan beberapa hal untuk berinteraksi dalam tim kita sehingga teamwork dapat terbentuk dan pekerjaan dapat berjalan dengan lancar sehingga kita bisa mencapai sinergi. Adapun hal yang dimaksud adalah :
  1. Tumbuhkan semangat teamwork dalam diri Anda. Tak bisa dipungkiri bahwa kita tidak akan mampu bertahan dengan hanya mengandalkan diri kita sendiri. Tunjukkan bahwa diri kita adalah makhluk sosial yang sesungguhnya dan mau bekerja sama dengan orang lain dalam kondisi yang positif.
  2. Biasakan berbuat baik. Jika bukan diri kita sendiri, maka siapa lagi yang bisa mengubah kita menjadi sosok yang lebih baik dari hari kemarin. Dengan membiasakan diri berbuat baik, maka kita akan mendapat respon yang baik juga dari orang lain, terutama jika kita berada dalam sebuah tim karena ada sebuah petikan yang berbunyi “you are what you think.” Jika kita terbiasa memikirkan hal baik, maka kita akan menjadi sosok yang baik, begitu juga sebaliknya.
  3. Hargai orang lain. Dalam membentuk sebuah kerjasama tim yang baik, kita harus menghargai rekan satu tim, terlebih jika ia sedang berpendapat. Jika kita enggan untuk menghargai rekan tim kita, maka tim kita pun enggan untuk menghargai kita, dan mengakibatkan turunnya kredibilitas kitadi mata rekan-rekan Anda.
  4. 4. Kendalikan Diri. Ego dan tim adalah perpaduan yang buruk untuk menghasilkan keharmonisan. Untuk itu kita harus menahan diri dalam mengemukakan pendapat dan temukan hasil mufakat dari seluruh anggota tim.
  5. Tetap rendah diri. Jika pendapat kita diterima oleh tim, janganlah kita serta-merta menjadi sombong dan merasa kitalah inti dari tim itu. Tujuan membentuk sebuah tim adalah untuk bekerjasama, bukan sebuah ajang untuk memamerkan diri.
  6. Membangun komunikasi. Komunikasi yang baik adalah sarana pencipta rasa kepercayaan yang saling efektif. Semua akan menjadi lancar dan terarah bila ada komunkasi yang lancar. Binalah rasa menghormati, sambung tali silaturahmi dengan komunikasi yang baik antara sesama anggota tim, maupun dengan orang lain di luar tim anda.

Peranan Team Work sangat besar kontribusinya bagi tercapainya target/goal dari suatu organisasi. Dalam suatu organisasi tanpa adanya Team Work yang tangguh, selain terbuka peluang menuju kegagalan, hasilnya pun tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk membangun Team Work yang tangguh maka :
  1. Visi Misi. Semua orang yang terlibat dalam Team Work harus benar - benar memahami dan mengerti dengan baik Visi dan Misi organisasi. Jika kondisi ini telah terpenuhi, selain akan menghilangkan sikap curiga / tidak percaya maka tujuan yang ingin dicapai akan semakain mudah direalisasikan karena semuanya telah terfokuskan / terkonsentrasikan dengan baik pada target / goal yang ingin dicapai.
  2. Saling Percaya. Siapapun yang terlibat dalam suatu Team Work, harus mau membuka diri / transparan. Yang namanya rahasia, sedini mungkin disirnakan. Setiap permasalahan yang timbul, setiap orang dalam Team Work akan berusaha seoptimal mungkin memberikan solusi pemecahan. Jika senang akan sama - sama dinikmati dan begitu juga sebaliknya, jika susah akan sama - sama dipikul.
  3. Kesatuan. Selalu tekankan dalam Team Work bahwa kita adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Ibarat sapu lidi. Jika bersatu akan memberikan manfaat tetapi jika dipisahkan, manfaatnya akan sirna. Ketika ada yang sakit maka spontanitas semua yang terlibat dalam Team Work juga akan merasakannya dan berusaha menyembuhkannya.
  4. Saling Menghormati. Dikarenakan Team Work adalah satu kesatuan yang tidak terpisah maka setiap orang yang berada dalam Team Work memiliki fungsi dan peranan yang sangat vital dan penting. Tidak ada satu hal pun yang logis dikatakan bahwa si A, B atau C lebih penting / vital peranannya jika dibandingkan dengan si D, E atau F. Didasarkan oleh kondisi ini maka siapapun yang terlibat dalam Team Work harus saling menghormati dan menghargai.
  5. Positive Thinking. Ini adalah salah satu hal fundamental yang harus dimiliki dalam Team Work, yang menilai / menvonis baik tidaknya diri seseorang adalah didasarkan oleh apa yang dia kontribusikan dan bukan semata - mata hanya oleh penampilan luar.
  6. Kerjasama. Karena ini adalah untuk kepentingan bersama maka sudah seyogianya bentuk dari kerjasama yang diberikan adalah kerjasama yang tulus dan ikhlas serta tanpa adanya niat - niat terselubung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar