iklan

close

Rabu, 04 Januari 2012

TEAM


Sebelum sebuah regu dapat dibina, pemimpin haruslah mempunyai pengertian tentang arti sebuah regu. Sebuah regu bukanlah hanya sekelompok orang yang ditugaskan pada seorang pemimpin, manajer atau departemen. Sebuah regu ialah dua orang atau lebih yang bergerak disepanjang jalur interaksi (saling mempengaruhi) menuju ke arah tujuan bersama. Definisi atau batasan arti ini mempunyai dua segi. Pertama, bergerak disepanjang jalur interaksi yang menuntut adanya komunikasi yang berhasil-guna. Kedua, para anggota regu mempunyai sebuah tujuan bersama. Mereka semua bekerja untuk hal yang sama. 

Sebuah team bukan saja dapat mencapai hasil yang lebih banyak daripada jumlah hasil kerja anggota-anggota itu secara perorangan melainkan juga hasil kerja mereka lebih tinggi mutunya. Persatuan di sekitar sebuah tujuan bersama dan rasa memiliki tujuan itu memupuk pengabdian yang tinggi antara para anggota regu. Para pemimpin perlu mengetahui cara menciptakan regu-regu.

Sebuah team adalah sekelompok orang yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan-tujuan bersama dan yang memiliki komitmen untuk meletakkan otonomi individual dalam kerangka kerjasama sejauh hal tadi merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan-tujuan tadi. Tujuan sebuah team yaitu untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas sebagaimana halnya pengembangan masing-masing anggotanya. Tim kerja yang efektif memberi peluang baik bagi kelompok maupun individu untuk berkembang.

Team yang efektif mempunyai beberapa ciri :
  1. Setiap anggota mempunyai rasa memiliki timnya dan komitmen.
  2.  Setiap anggota kelompok mempunyai tujuan dan sasaran yang sama.
  3. Pemimpin tim mendukung setiap usaha tiap anggota timnya.
  4.  Setiap keberhasilan maupun kegagalan ditanggung bersama.
  5. Setiap anggota mempunyai rasa saling ketergantungan.
  6. Setiap anggota tahu akan peran mereka masing-masing dalam hubungannya dengan pekerjaan kelompok.
  7.  Dalam suatu tim pengambilan keputusan diambil melalui suatu proses (selalu ada komunikasi).
  8.  Team terdiri dari orang yang unik dengan  segala pengalaman, potensi sekaligus kelemahan-kelemahan masing-masing.
Manakah yang lebih baik , bekerja dalam team ataukah bekerja sendiri ? Hal ini tergantung dari seberapa kompleks tujuan yang hendak dicapai dan jenis pekerjaannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar