iklan

close

Selasa, 31 Juli 2012

RENCANA PEMASARAN USAHA BISNIS TOKO KELONTONG


PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pada bagian pendahuluan ini akan dijelaskan latar belakang mengapa kami memutuskan untuk menekuni bidang usaha toko kelontong sebagai suatu usaha yang diyakini sebagai sebuah bidang usaha yang menguntungkan yang signifikan. Dengan catatan dikelola secara serius dan profesional.
Keputusan kami untuk membuka usaha bisnis toko kelontong merupakan alternatif yang tepat atau bisa dibilang usaha ini memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan minimarket yang sekarang banyak bertebaran. Sebab, toko kelontong bisa didirikan hampir di mana saja, bahkan di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh jaringan minimarket. Selain itu juga usaha ini cukup menjanjikan jika kita perhatikan. Terbukti banyak keluarga yang hidup berkecukupan berkat membuka toko.
Adapun keuntungan/kemudahan dalam membuka usaha toko kelontong yaitu :
  • Bisa mendapat kredit atau penangguhan pembayaran dari produsen produk tertentu, sehingga dapat menghemat modal.
  • Toko yang sudah terkenal dan berkinerja baik akan didatangi salesman. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari barang belanjaan.
  • Perusahaan sering memberikan imbalan uang kepada toko yang mau memajang barang promosinya.
  • Toko yang menjalin hubungan dnegan salesman akan mengetahui perkembangan produk terbaru. Sehingga toko tidak ketinggalan trend pasar.
  • Toko sering kebanjiran contoh produk (sample) ketika perusahaan meluncurkan produk barunya.
  • Toko dapat mengembalikan barang rusak atau kadaluawarsa ke perusahaannya, manakala menjalin hubungan baik dengan perusahaan melalui salesmannya. Sehingga resiko dalam dapat diminimalkan.
Jadi apabila kita lihat di atas toko yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari merupakan pilihan yang tepat sebab untuk memulai usaha toko tidak membutuhkan modal besar dan keahlian khusus. Meskipun sudah banyak toko-toko yang ada, namun kami tidak takut untuk membuka usaha ini. Menurut kami, asalkan ramah dalam pelayanan dan harus sedikit murah dari toko-toko lain dalam menjual aneka kebutuhan sehari-hari. Yang dibutuhkan hanyalah keberanian dan keuletan, serta kualitas dari barang-barang yang kami jual. Dengan alasan itulah kami membuat usaha ini.

Visi dan Misi

Adapun visi dan misi dari usaha bisnis toko kelontong  ini adalah :
  • Visi. Menjadikan toko yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada konsumennya serta memberikan kepuasan yang lebih bagi pelanggan.
  • Misi. Adapun yang menjadi misi dari usaha ini adalah berusaha mengecilkan tingkat pengangguran, mampu menjamin kepuasan konsumen dan juga berusaha memberikan pelayanan sebaiknya kepada konsumen.
 

Manfaat Usaha

Manfaat/benefit dari usaha ini yang bersifat financial benefit dan social benefit. Bersifat financial benefit sebab kami bisa mendapat keuntungan dari satu jenis barang tetapi dengan semakin banyaknya jumlah barang yang dibeli oleh konsumen maka kami akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, sedangkan yang dimaksud dengan bersifat social benefit ialah masyarakat atau konsumen bisa mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok dengan cepat, berkualitas baik, harga murah dan pelayanan yang baik, aman, ramah, sopan, dan santun.

 
ASPEK PASAR dan PEMASARAN

Produk & Segmentasi

Produk usaha ini adalah menjual produk kebutuhan sehari-hari, misalnya: minyak goreng, beras, kopi, gula, permen, snack, kerupuk, obat, tissue, dan sebagainya. Dengan segmentasi pasar adalah warga perumahan dan perkampungan disekitar lokasi usaha tersebut.
Sedangkan untuk produk sendiri dikarenakan belum mengenal agen atau distributor dari produk-produk yang akan dijual, kami langsung mendatangi mereka. Dengan membeli barang langsung dari distributor atau agen harga yang kami dapatkan jauh lebih murah. Untuk selanjutnya kami tidak akan perlu untuk membeli barang karena banyak salesmen yang menawarkan dan mengirim produknya ke usaha kami.

Aspek Pemasaran

Strategi pemasaran yang kami lakukan adalah dengan memilih tempat usaha harus mudah dilihat, mudah dicapai, mudah dicari. Dan ini berarti harus dekat dengan pembeli. Jangan mencari tempat hanya karena murah, namun juga harus karena strategis. Membuat toko di pinggir jalan adalah keputusan terbaik agar dapat dilihat oleh banyak orang.
Untuk penjualan yang awal, kami mempromosikan dengan metode klasik word of mouth kepada tetangga dekat maupun teman-teman yang tinggal di daerah dekat toko. Kami juga akan memasang semacam papan nama yang lumayan besar untuk dipajang di depan toko kami.
Dalam kebijakan pemasaran harga pokok ialah di hitung dengan biaya produk barang di tambah tenaga kerja dan untuk perlengkapan seperti nota pulpen dan plastik. Harga jual yang telah di perhitungkan hanya mendapat keuntungan Rp. 500,- per barang. Cara pendistribusian produk adalah dengan cara promosi harga murah dan pemberian hadiah seperti gelas, piring, sendok, kalender dll untuk pembelian perdana dan bisa menjadi langganan tetap kita,

Aspek Manajemen

Usaha ini merupakan usaha kecil yang tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Sebab itu untuk tenaga kerja kami dapat memperkerjakan salah satu anggota keluarga dulu dan apabila usaha semakin maju maka kami dapat memperkerjakan 1(satu) orang tenaga kerja.

Analisis SWOT

Sebelum melaksanakan suatu usaha baru kita perlu mengetahui hal-hal atau aspek-aspek yang berpengaruh terhadap usaha tersebut. Hal tersebut diantaranya adalah aspek kekuatan (strength), kelemahan (weakness), kesempatan (opportunities), dan ancaman (threath). Dengan melakukan analisis terhadap hal-hal tersebut diharapkan usaha akan berjalan lancar dan sukses. Berikut adalah penjelasan dari beberapa aspek-aspek yang dijelaskan diatas:
  • Kekuatan
    • Produk sembako adalah produk yang pasti dibutuhkan oleh semua orang. Ini berarti ada kebutuhan atau ada pasarnya. Sehingga tidak perlu khawatir soal ada atau tidak yang membutuhkan sembako.
    • Tempat yang strategis sehingga memungkinkan orang-orang untuk melihat.
    • Dibandingkan dengan toko kelontong lain yang ada di lingkungan kami, toko kami menyediakan kebutuhan lebih lengkap.
    • Walaupun harga bahan pokok naik, tak menjadi masalah karena bahan pokok sangat dibutuhkan.
    • Jumlah karyawan yang dibutuhkan tidak begitu besar.
  • Kelemahan
    • Jika melakukan kesalahan dalam pelayanan terhadap konsumen dapat menghilangkan kepercayaan pelanggan.
    • Banyak yang membuka usaha ini sehingga banyak persaingan yang terjadi, apalagi masalah perbedaan harga yang hanya sedikit dapat menurunkan pelanggan.
    • Lahan untuk menyimpan dan memajang kebutuhan masih kecil sehingga toko kami terlihat seperti penuh dan terkadang menjadi kendala bagi pembeli untuk melihat barang yang akan mereka beli.
    • Karena baru dalam berbisnis kita belum memiliki informasi dan relasi supplier yang sanggup menyediakan produk-produk dengan harga murah.
  • Kesempatan
    • Memberikan keuntungan yang cukup.
    • Prospek dan peluangnya cukup besar untuk dikembangkan karena semua orang membutuhkan bahan-bahan pokok seperti beras, gula, minyak, dan lain-lain.
    • Dengan semakin bertambahnya kepala keluarga, memungkinkan potensi penjualan akan semakin naik.
  • Ancaman
    • Banyaknya toko sembako yang muncul membuat pelanggan semakin sedikit dan bisa-bisa koleps.
    • Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat.

 
ANALISIS KEUANGAN

 

Analisis Permintaan – Penawaran dan Persaingan Usaha

Menurut pengamatan dan survei yang dilakukan di lingkungan tenpat kami membuka usaha toko kelontong ini, kami mendapatkan data sebagai berikut :
  • Jumlah kepala keluarga di lingkungan kami sebanyak 300 kepala keluarga
  • Pendapatan rata-rata setiap keluarga adalah sebesar Rp  1.000.000,-
  • Persentase biaya hidup dan pendapatan adalah sebesar 80% atau Rp  800.000,- per bulan
  • Rata-rata biaya hidup untuk kebutuhan pokok per bulan adalah 25% dari biaya hidup utama atau 25% * Rp 480.000,- yaitu Rp 120.000,-
  • Dari pengeluaran yang dibelanjakan di lingkungan sendiri tersebut, 40% dibelanjakan kepada pedagang keliling dan 60% dibelanjakan di toko kelontong atau sebesar 60% * Rp 120.000,- yaitu sebesar Rp 72.000,-
  • Saat ini terdapat satu toko kelontong lain yang terdapat di lingkungan kami
  • Jika pengeluaran belanja itu dibagi dua dengan toko kelontong yang lain maka potensi permintaan kebutuhan hidup sehari-hari untuk berbelanja di toko kami adalah sebesar Rp 36.000,- per kepala keluarga per bulan atau setara dengan Rp 10.800.000,- per bulan.

Analisis Keuangan

Sulit untuk diperkirakan analis keuangan usaha toko kelontong. Karena pengeluaran dan pemasukan yang diperoleh setiap harinya tidak teratur. Berikut ini kalkulasi anggaran :
Modal Awal
Peralatan
Persediaan barang dagangan      Rp 2.500.000,-
Rak, Etalase dan Showcase       Rp 4.000.000,-
Kalkulator dan timbangan           Rp    500.000,-
              Jumlah              Rp 7.000.000,-
Peralatan mengalami penyusutan selama 1 tahun (12 bulan) pemakaian dengan rincian  1/12 *Rp 7.000.000,-  =  Rp 583.500,-
Perlengkapan
Alat tulis, kwitansi dan kantong plastik Rp 100.000,-

Biaya operasional per bulan
Biaya sewa tempat                    Rp    700.000,-
Belanja barang dagangan           Rp  5.000.000,-
Biaya listrik                               Rp    150.000,-
Biaya transportasi belanja           Rp    150.000,-
Biaya perlengkapan                    Rp    100.000,-
Biaya penyusutan peralatan        Rp    583.500,-
Biaya gaji                                  Rp    200.000,-
Biaya lain-lain                            Rp    100.000,-
Jumlah                                    Rp 6.983.500,-

Omset per bulan
Penjualan per hari rata-rata Rp 300.000,-
Omset per bulan @ Rp 300.000 * 30 hari = Rp 9.000 .000,-

Laba/(Rugi) bersih per bulan
Rp 9.000.000 – Rp 6.983.500 = Rp 2.016.500

Return of Investement (ROI)
(Modal awal : laba bersih per bulan) = ± 3,5 bulan
 
 

KESIMPULAN 

Diharapkan dengan adanya rencana pemasaran usaha ini dapat membuka wawasan pembaca untuk juga berkeinginan membuka usaha karena kondisi krisis saat ini. Karena sesungguhnya peluang bisnis itu tidak jauh dari kehidupan kita karena itu kita tidak perlu bersusah payah mencarinya. Jika memang kita siap menerima peluang usaha tersebut, tentu akan datang dengan sendirinya
Kenyataannya betapa sulit kita bisa menemukan peluang usaha yang cocok bagi kita. Permasalahannya memang bukan tidak adanya peluang usaha tetapi diri kita yang  tidak siap atau tidak mempersiapkan diri menangkap peluang usaha yang ada di sekitar kita. Ada beberapa permasalahan yang menyebabkan diri kita tidak siap menerima peluang usaha di sekitar kita, sehingga peluang usaha tidak nampak di hadapan kita. Salah satunya adalah menganggap remeh pada hal-hal kecil yang sebenarnya memiliki potensi besar. Biasanya kita tidak telaten menekuni bisnis yang keuntungannya recehan, meski sebuah bisnis mendatangkan keuntungan recehan tetapi jika dihitung kuantitas barang yang besar tentu keuntungan akan berlipat ganda.

8 komentar:

  1. saya distributor tunggal minuman serbuk jahe dalam bentuk saset cover area jawa timur. merk INTRA. saya sedang mencari patner kerja untuk mendistribusikan barang saya di tradisional market & modern market dengan harapan dapat memberikan benefit bagi kedua belah pihak, masih banyak potensi area yang belum saya kerjakan di wilayah jawa timur. jika berminat bisa langsung menghubungi saya di 0881-936-5352.. saya tunggu kabar baik nya. thank you

    BalasHapus
  2. saya distributor tunggal minuman serbuk jahe dalam bentuk saset cover area jawa timur. merk INTRA. saya sedang mencari patner kerja untuk mendistribusikan barang saya di tradisional market & modern market dengan harapan dapat memberikan benefit bagi kedua belah pihak, masih banyak potensi area yang belum saya kerjakan di wilayah jawa timur. jika berminat bisa langsung menghubungi saya di 0881-936-5352.. saya tunggu kabar baik nya. thank you

    BalasHapus
  3. Halo, nama saya Victoria Alberto, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya butuh modal besar dari $ 200.000,00. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi. Maret 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (victoriaalberto78@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  4. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui (bellaalbert6@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    BalasHapus
  5. Apakah Anda memerlukan Pinjaman 100%? Saya dapat melayani kebutuhan finansial Anda dengan sedikit masalah pengembalian, karena itulah kami mendanai Anda hanya 2%. Apapun situasi Anda, wiraswasta, pensiun, memiliki peringkat kredit yang buruk, kami dapat membantu. Pelunasan Fleksibel lebih dari 1 sampai 40 tahun. Hubungi kami di: kellywoodloanfirm@gmail.com Anda mencari pinjaman jangka panjang atau jangka pendek.

    1 Nama Lengkap: ............................
    2 Alamat Kontak: .......................
    3.Country: .....................
    4.Sex: ...............
    5. Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: ....................
    6. Durasi Pinjaman: ...................
    7. Nomor Telepon Langsung: .................

    Banyak cinta,
    KellyWoodLoanfirm
    Ibu. Kelly

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  7. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  8. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus