iklan

close

Senin, 05 Desember 2011

CONTOH FLOWCHART PROGRAM

Berikut ini adalah beberapa contoh flowchart program :
  • Buatlah Flowchart/diagram alur untuk menghitung luas segitiga, bila diketahui ALAS = 10 dan TINGGI = 8. Pada flowchart di bawah ini untuk mendapatkan nilai awal dari ALAS dan TINGGI menggunakan kotak proses, karena nilai ALAS dan TINGGI sudah ditentukan.
  • Buatlah Flowchart untuk mencetak kata “Algoritma” sebanyak 5 kali. Berdasarkan soal  maka perintah mencetak “Algoritma” dilakukan sebanyak 5 kali, sehingga kita harus menggunakan kotak keputusan untuk menentukan apakah perintah pencetakan sudah dilakukan sebanyak 5 kali. Untuk mengetahui apakah perintah pencetakan sudah dilakukan sebanyak 5 kali diperlukan sebuah variabel penyimpan nilai penghitung (variabel counter), dalam flowchart ini dibuat variabel X sebagai variabel counter yang diberi nilai awal = 1.

  • Buatlah Flowchart untuk mencetak bentuk P2 + Q2 dimana P dan Q merupakan akar-akar persamaan kuadrat Ax2 + Bx + C = 0. Catatan : diketahui sifat-sifat persamaan kuadrat  tersebut P + Q = -B/A dan P * Q = C/A sedangkan P2 + Q2 = (P + Q)2 – 2 (P * Q).

2 komentar: